Sabtu, 24 Mei 2014

Foto-foto Dan (Peristiwa) Bersejarah Yang Mengguncang Dunia

1. Manusia Pertama di Bulan (Neil Armstrong pada 20 Juli 1969)
Foto ini sempat mengundang perdebatan karena ada yang mencurigai foto pendaratan manusia pertama di bulan ini palsu dan sengaja dibuat Amerika Serikat untuk mengalahkan Uni Soviet dalam perlombaan teknologi karena saat itu Soviet dan Amerika sedang perang dingin. Walaupun demikian, sampai sekarang belum ada yang berhasil membuktikan keaslian foto tersebut. Neil Armstrong masih dipercaya sebagai manusia pertama yang menginjakkan kaki di bulan. 2. Korban Bom Napalm Saat Perang Vietnam (8 Juli 1972 di Trang Bang)
Anak perempuan bernama Phan Thi Kim Phic yang berlari dengan tubuh terbakar dalam penyerangan pesawat Angkatan Udara Amerika Serikat terhadap gerilyawan Vietkong dengan bom Napalm di daerah Trang Bang ini, berhasil diselamatkan oleh Nick Utt (fotografer yang membuat foto ini) dengan menyiramkan air ke anak perempuan tersebut setelah ia memotret untuk foto ini. Anak perempuan dalam foto tersebut dijadikan simbol Anti Perang Vietnam. 3. Burung Bangkai dan Anak Kecil (Sudan, Maret 1993)
evin Carter, fotografer asal Afrika Selatan mengabadikan peristiwa bencana kelaparan di Sudan. Foto karyanya ini mendapatkan penghargaan Pulitzer (penghargaan tertinggi di Amerika Serikat untuk bidang media cetak, sastra, dan komposisi musik) kategori Feature Photography atas foto ini. Tapi masyarakat banyak yang memprotesnya karena ia tidak berusaha menyelamatkan anak kelaparan yang tengah ditunggui burung bangkai itu. Walaupun memang fotografer pada saat itu dilarang menyentuh korban, karena ditakutkan tertular wabah penyakit, Carter tetap merasa bersalah sampai akhirnya ia bunuh diri pada bulan Juli 1994 karena depresi dan rasa bersalah yang teramat besar. 4. Pemboman Bom Atom di Nagasaki, Jepang pada 9 Agustus 1945
Bom atom yang diberi nama Fatman karena sosoknya menyerupai orang gendut dengan kekuatan hulu ldak setara dengan 20 Kilo Ton TNT, dijatuhkan oleh Amerika Serikat dengan mengunakan pesawat pembom B-29 Bockscar. Pemboman ini mengakibatkan twasnya lebih dari 180.000 jiwa. Foto yang diambil oleh angkatan udara AS ini menjadi bukti nyata dahsyatnya letusan sebuah senjata pemusnah massal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar